5 Resep Olahan Tahu Super Sedap dan Praktis

Siapa yang tidak kenal tahu? Bahan masakan asli Indonesia ini memang terkenal kelezatannya. Di balik rasanya yang lezat juga terkandung nilai gizi yang sangat banyak. Tidak itu saja, tahu yang menjadi menu khas indonesia ini harganya juga sangat terjangkau.

Berikut 5 resep olahan yang dapat kita buat dari bahan baku tahu. Tentunya olahan yang kita buat adalah olahan yang sedap. Tidak hanya sedap, olahan ini juga dijamin praktis.

1. Steam Tofu
Di posisi pertama diduduki oleh Steam Tofu. Menurut Na ini cara paling praktis sekaligus sehat. Sama sekali kita tidak menggunakan minyak makan. Hanya di kukus. Selain itu kita juga dapat menambahkan aneka sayuran yang kita potong kecil-kecil ke dalam adonan tahu sebelum dikukus. Proses pengukusannya juga tidakla memakan waktu yang lama. Yang mau tahu bagaimana caranya untuk menghasilkan Steam Tofu yang lezat, yuk lihat resepnya disini. Intinya kita hanya menambahkan tahu dengan aneka sayuran diberi sedikit garam dan gula. Perlukah kita menambahkan penyedap? Na rasa sudah tidak perlu, karena perpaduan antara garam dan gula memberikan cita rasa yang gurih nan lezat. Setelah bahan ini kita aduk rata, tinggal memasukkan ke dalam wadah kecil lalu dikukus.

2. Tumis Tahu
Tumis tahu menduduki posisi kedua menurut Na. Kenapa? Karena untuk masakan yang satu ini meskipun menggunakan minyak, namun penggunaannya tidak banyak. Bisa dikatakan sangat sedikit, hanya untuk menumis aneka bawangnya saja. Rasanya tidak kalah lezat. Kita dapat menambahkan telur sebagai teman tumisan si tahu. Proses pembuatannya juga tidak memakan waktu lama. Resep ini sangat cocok dikonsumsi saat cuaca hujan. Rasanya yang mirip mie instan ataupun sup memang sangat pas sebagai teman beraktifitas kala cuaca dingin. Yang mau tahu seperti apa resepnya, bisa stalking disini

3. Sup Tahu
Sup tahu menduduki posisi ketiga. Untuk pembuatannya juga tidaklah susah. Kita juga bisa menambahkan aneka sayuran lain sebagai teman tahu. Penggunaan minyak juga sangat sedikit, apalagi kita dapat mengganti minyak sawit seperti biasanya dengan minyak zaitun. Rasanya dijamin lebih lezat. Proses pembuatan sup juga sangat praktis. Tinggal menambahkan bumbu khusus untuk membuat sup. Karena itulah menurut Na sup tahu menduduki posisi ketiga. Mungkin untuk sup tahu sejajar dengan proses pembuatan semur tahu. Bumbu khususnya juga mirip walau tak sama. Resep yang satu ini juga berkuah sehingga cocok untuk kita konsumsi saat cuaca mendung-mendung sendu.

4. Tahu Goreng
Dalam keseharian, tahu goreng juga cukup diminati keluarga Na. Sayangnya minyak di dalam tahu goreng juga cukup banyak, sehingga memungkinkan kita untuk terkena batuk. Suara juga biasanya kurang mulus kalau kita sering mengkonsumsi makanan yang berminyak. Syukurnya semenjak tidak berstatus sebagai penyiar, Na lebih santai soal makanan. Sewaktu masih aktif siaran, tentunya sangat menjaga kualitas suara. Biasanya agak menjauhi gorengan, walaupun kadang goreng tahu isi sangat menggiurkan. Tahu goreng juga bisa divariasikan menjadi tahu balado. Yang mau tahu resepnya, bisa klik disini. Kalau di rumah yang lidahnya Minang, tahu balado cukup dimininati. Tidak hanya tahu sebenarnya yang dibuat balado, setiap masak sebenarnya juga wajib pakai lado atau sambal. Apalagi suami pencinta sambal, setiap hari mesti ada menu sambal lho. Untuk membuat tahu balado juga cukup menggoreng tahu lalu dicampur dengan sambal atau dalam bahasa Minang kita sebut dengan lado.

5. Gulai tahu
Nah, untuk resep yang satu ini Na suka tapi sangat jarang untuk membuatnya sendiri. Gulai, tentunya identik dengan santan, berminyak dan pedas. Namun rasanya jangan ditanya, enak banget. Gulai tahu biasanya ditemani oleh telur atau kacang. Kalau di ampera langganan Na (ampera 7000), Gulai tahunya dicampur dengan telur bulat dan kacang. Penyajiannya irit benar-benar irit. Jadi tahunya dipotong segitiga 1 buah, telurnya 1 buah, kacang panjangnya juga sepetik kira-kira panjangnya satu ruas jari, lalu diberi kuah. Kalau di rumah palingan Na buatnya tahu dicampur telur rebus. Untuk resepnya tentunya menggunakan bumbu gulai (kalau malas untuk menggiling saat ini sudah ada dijual bumbu gulai yang praktis atau bumbu gulai giling dengan harga terjangkau), lalu ditambahkan dengan daun-daun seperti daun salam, daun jeruk dan daun kunyit. Diberi cabe yang sudah digiling, lalu setelah bahan-bahan ini ditumis dan beraroma wangi, baru ditambahkan santan. Nanti kita tinggal memasukkan tahu dan terakhir telur rebusnya.

Nah, itulah 5 resep olahan tahu yang wajib dicoba. Proses pengolahan yang praktis serta rasanya yang sedap membuat Na sangat senang mengolah dan mengkonsumsi tahu. Bisa dibilang tofu is never die lah. Setiap hari ada tahu dalam menu masakan Na juga tidak menolak. Selamat mencoba untuk teman-teman yang juga senang dengan tahu.

Labels: ,