Resep Pisang Selimut: Olahan Pisang Nan Lezat dan Praktis

Hai, weekend kembali menjelang. Tentunya dengan kegiatan-kegiatan menyenangkan berkumpul dengan anggota keluarga. Satu sajian istimewa yang sering Na buat adalah "pisang selimut". Panganan yang satu ini dijamin praktis. Namun akan menjadi tidak cocok untuk teman-teman yang saat ini terkena batuk. Mengapa demikian? karena proses pembuatannya digoreng.

Well, pisang selimut memang menjadi sajian favorit. Nah untuk teman-teman yang penasaran seperti apa pisang selimut,, berikut penampakannya. Na juga akan beri tahu resep dan cara penyajiannya.


Resep pisang selimut
1 sisir pisang (bisa pisang apa saja yang penting manis)
250 gram Tepung panir kasar
3 sendok tepung maizena
5 sendok air (tergantung kepekatan)
secubit garam halus
1  bungkus meises (banyaknya sesuai selera)
Susu kental manis putih
Minyak untuk menggoreng
Keju parut

Cara pembuatan:
Cairkan tepung maizena dengan air dan garam, tidak mesti kental namun juga jangan terlalu encer. Tujuan tepung maizena cair ini adalah untuk merekatkan pisang dengan tepung panir. Setelah tercampur rata dan encer, sisihkan.
Kupas pisang dan belah sesuai selera (menurut Na cukup belah dua saja), sisihkan.
Masukkan tepung panir kasar ke dalam wadah lebih baik melengkung namun tidak terlalu besar dan terlalu kecil (perkiraan potongan pisang masuk di dalamnya).

Langkah:
Celupkan pisang ke dalam maizena cair, lalu guling-gulingkan ke dalam panir kasar, sambil ditekan pelan agar panir menempel dengan tebal ke pisang, lakukan hingga keseluruhan pisang habis. Nah untuk yang mungkin merasa kebanyakan, pisang yang sudah dilumuri panir kasar ini bisa kita simpan di freezer. ketika akan menggunakan tinggal dikeluarkan.
Jika ingin langsung menggoreng kita dapat menggorengnya. Yang perlu diperhatikan adalah apinya tidak boleh terlalu besar. Na pernah nyoba dengan api besar, pisangnya langsung ngegulung dan ketika mateng, ngak terlalu crispy. Sedangkan jika kita menggunakan api sedang, selimutnya akan garing, kriuuuk...kriuuuk gitu ketika digigit meskipun sudah dingin. Kalau udah kering dan warna nya kecoklatan angkat dan tiriskan.

Untuk penyajiannya:
Susun pisang yang sudah digoreng, lalu beri meises, keju parut, lalu lelehkan susu kental manis. Tarrraaa, pisang selimutnya sudah jadi. mudah bukan? proses pembuatannya  juga tidak memakan waktu lama, sebentar saja.

Nah, kenapa mesti pisang? Sebenarnya ada alasannya kenapa Na dan keluarga senang sekali mengkonsumsi pisang, baik dimakan langsung atau diolah. Bisa dibilang setiap minggu di rumah selalu ada pisang. Ini dia alasan kenapa pisang menjadi cemilan wajib buat Na dan keluarga.

1. Pisang Kaya akan manfaat kesehatan dan kecantikan
- Pisang kaya vitaman dan tentu nya serat. Nah untuk yang bermasalah dengan pencernaan dalam artian susah BAB, konsumsilah pisang. Selain rasanya manis, enak, pisang juga lembut sehingga usus tidak bekerja terlalu berat.
-Pisang bisa mengatasi penyakit. Hayo, siapa yang lagi kenak maag? Kalau saat ini teman-teman terkena maag, ayo konsumsi pisang.
-Masker pisang juga dapat menjadikan kulit muka halus dan lembab
2. Alasan kedua, karena pisang sangat mudah ditemukan di sekitaran kita. Apalagi daerah rumah Na yang masih tergolong asri, sangat banyak rumah yang pekarangannya menanam pisang meskipun hanya satu pohon.
3. Harga terjangkau. Nah, harga pisang disini juga sangat terjangkau. Untuk 4 sisir sedang hanya 5.000 rupiah. Karena itu setiap ke pasar, kita selalu menyempatkan diri untuk membeli pisang.

Labels: ,