Potensi Lokal Pekanbaru Luar Biasa, Pekanwak Juga

Pekanwak, setidaknya memulai sesuatu yang tidak mudah. Mungkin sebelumnya beberapa komunitas sudah mulai mensket acara untuk gathering community, namun entah mengapa gaungnya ngak terdengar. Senyap saja. Namun teman-teman Pekanwak mencoba kembali meramunya, sehingga masyarakat bisa membuka mata dan potensi lokal di wilayah ini bisa terangkat.

Benar saja, hal ini akhirnya terbukti. Persiapan juga tidak terlalu lama, sekitar dua bulan mulai dari prepare mentahnya sampai acara ini jadi. Untuk awal bisa dikatakan sukses. Kita yang dari awal masih meraba-raba potensi yang ada di daerah ini, berusaha mengumpulkannya dan meramunya dalam satu rangkaian acara. Tidak mudah tentunya. Namun, apa yang tak bisa dilakukan jika yang menghandle adalah orang-orang yang tidak kenal kata menyerah.

Na sendiri masuk di team ngak dari awal..teman-teman udah aktif duluan diskusi di grup Whatsapp. Secara kita ngak pake, kita jadi ketinggalan info meski tidak terlalu jauh. Sempat pesimis sebenarnya melihat persiapan yang menurut Na lebih singkat dari beberapa event yang pernah na handle. Ya, apalagi kalo bukan masalah sponsorship yang buat hati ini agak menggalau. Namun pesimis Na terpatahkan, ketika suatu kali meet salah seorang dari anggota tim yang tidak perlu disebutkan namanya (yang jelas paling tua aja gitu *eeeh) mengatakan, ada tidaknya sponsor acara ini harus tetap jalan. Bagaimana caranya? ya kita juga harus berpikir keras tetapi secara psikologis kita ngak terbebani dengan sponsorship.

Apalagi kita bukan Event Organizer. Hanya komunitas kecil yang baru ada sekitar dua bulan ini. Ya dua bulan, singkat sekali kan? tetapi kehadiran kita bukan prematur, meski kita masih sedikit buta. Singkat cerita beberapa sponsor berhasil kita gaet walau sich kalo di kasih peringakat belum terlalu membahagiakan, belum membuat kelegaan. Kenapa? karna masih banyak di negeri ini yang masih meragukan acara ini. "Ow apa bisa? apa sanggup? bla...bla...blaa lah. Ya, sebanyak yang meragukan kan masih ada sedikit yang memberikan kepercayaan full.

Acara kita mengambil tempat di Perpustakaan wilayah Soeman HS. Bukan tanpa pertimbangan, meskipun beberapa suara sumbang masih ada di belakang yang mengatakan "mengapa di perpustakaan? kenapa ngak di tempat lain?", ya yang semacam-macam itulah. Ngak lain, salah satu tujuan kita, agar setidaknya hari itu, masyarakat Pekanbaru bisa lebih mengenal pustakanya, bisa berkunjung ke perpustakaan, lihat-lihat, baca-baca dan menikmati sajian yang kita suguhkan, ngak hanya sekedar hiburan tetapi salah satunya ada kuliner khas yang coba kita perkenalkan ke masyarakat. Meski di Ada Apa di Pekanbaru kita belum dapat mengumpulkan seluruh kuliner yang bisa dibilang ngehitz di Pekanbaru, Insya Allah bila tidak ada aral melintang, kita akan prepare untuk Ada Apa di Pekanbaru 2.

Di balik sport jantung kita juga pastinya senyum kebahagiaan terpancar, kenapa? karena teman-teman komunitas begitu antusias dengan acara ini, Alhamdulillah. Kita berhasil mengumpulkan beberapa komunitas hebat di Pekanbaru ini. Teman-teman inilah yang banyak membantu mensukseskan acara kita, makasih kengkawan. Ini sebenarnya point pentingnya, potensi selain budaya, kuliner kita juga mau mengangkat potensi yang dipunya oleh teman-teman komunitas ini.

Ya setiap acara tentunya tidak lepas dari kekurangan, dan kita pun mengalaminya. Bisa jadi karena keterbatasan waktu yang ada :) Insya Allah ke depannya punya waktu persiapan lebih banyak :) Tetapi Na bisa katakan teman-teman Pekanwak sangat luar biasa. Anak-anak muda ini seakan punya energi lebih, tanpa capek dan idenya tidak surut. Lepas plan A, bergerak cepat ke plan B, begitu seterusnya. Walau tidur beberapa jam saja atau nyaris tanpa tidur tidak satupun dari teman-teman panitia yang tumbang, padahal 23 Februari 2014 itu harus melakoni aktifitas yang ngak ringan. Salut dan semoga energi positifnya tersalurkan ke banyak anak muda Pekanbaru yang ingin Pekanbaru bisa dikenal lebih luas dan menghasilkan hal-hal baik lainnya.

Labels: