Tempat Wisata Murah di Pekanbaru

Hai, ini postingan yang tertunda (hadeeeh perasaan selalu tertunda ya kalau nulis, ckckckc). Sebenarnya tulisan ini masuk di edisi trip lebaran. Melewati puasa kedua bareng suami ditambah aktifitas yang lebih padat dari biasanya buat lelah berbie bg (eeh).

Untuk lebaran tahun ini sebenarnya sudah direncanakan kita bakal lebaran pagi di Pekanbaru, siangnya ke Kuansing dan besoknya ke Sumbar. Namun apa daya badan lelahnya ngak bisa dikompromiin. Selepas sholat dekat mesjid komplek tetangga, Na kejarin buat cookies untuk di rumah Ibu (selama puasa jualan kuker tapi buat untuk orang dulu ye, pesanan orang diduluin). setelah selesai cetak, tinggal bakar, siap-siap buat ke rumah Ibu sambil bawa kukernya. Udah sampai di rumah Ibu, masih sempat-semptnya makan lontong padahal di rumah udah makan mietiaw. Memang lepas puasa selera makan meningkat tajam setajam-tajamnya. seminggu mau lebaran malah hobi banget makan malam.

Jelang siang, kita pamitan untuk rebes-rebes pulang karena akan trip ke Kuantan Singingi. Lepas Zuhur, kita pun berangkat. Hingga sore kita sudah memasuki kota Kuantan Singingi. Besoknya setelah round-round ke rumah sodara-sodara di sana, kita harus balik ke Pekanbaru. Mendekati Magrib kita sudah sampai kembali di pintu rumah. Alhamdulillah. Rencananya mau siap-siap lanjut trip ke Sumbar, tapi badan pegal banget, karenanya, Lebaran di Sumbar kembali gagal untuk kedua kalinya.

Jumat, kita mulai keliling-keliling beraya rumah sodara-sodara yang di Pekanbaru. Sebagian besar keluarga disini pada ke Sumbar, jadi kita sambangi keluarga yang ada aja.  Karena kodrat kita jadi adek-adek, ya kita ya kan yang harus keliling-keliling. Target pertama Jumat itu ke Rumah mama Ia di Sidodadi. Lepas sarapan kami berangkat. Cerita punya cerita, kami jadi sadiah karena ngak liburan kemana-mana. Makanya bang Pen tanya, "besok kemana?" katanya. Piknik yuk katanya. Langsung saja ajakan itu kita sambut.

Kita udah merencanakan dua tempat wisata yang akan dikunjungi di Pekanbaru.Tentunya tempat wisata yang teduh, nyaman juga ya. Dua tempat wisata di Pekanbaru yang masuk list kita adalah Bandar Khayangan Lembah Sari dan Taman Rekreasi Alam Mayang. Kalo Na pribadi sich pengennyake Bandar Khayangan. Alasannya karena sudah lama banget tidak kesini. Karena piknik kita ngerencanain untuk masak.

Pagi-pagi Na ditelepon Mama. "Ndo, kita ke Alam Mayang aja ya ndo, amek udah berangkat ke Sumbar, kak ndak berani nanjak ke Danau buatan tu dow". Alahmak, yelah. Masak sudah selesai, karena Na juga buatnya yang gampang-gampang aja. Goreng Nugget Tahu Ayam, dan sayurnya tumis nugget calsim saus tiram. Mama katanya mau buat cumi asam manis, telur balado, tempe goreng dan tumis kangkung.

Yihaaa, semuanya udah siap, kitapun menuju kediaman mama Ia. Tau donk itu weekend. Alam Mayangnya rame banget. Sekilas tentang alam mayang, itu tempat rekreasi yang sejuk de di Pekanbaru. Pohonnya banyak banget, ada arena permainan dan tentunya ada arena memancing.

Nasib anak sholeh mungkin ya, tiba-tiba aja mama Ia kenal dengan yang jaga tiket dan akhirnya kami masuk gratis, kalo enggak untuk masuk sana, tiket per kepala 12.000 + parkir motor 5.000. Sampe di dalam, kita sewa tikar. Untuk sewa tiker ini Na kurang tau berapa, yang jelas untuk dapat menyewa tiker, kita mesti tinggalin KTP atau tanda pengenal disana. Kita cari tempat yang trategis ya, yang teduh karena bakal lama disana. Karena ini piknik, camilan ala anak muda pun turut hadir di bekal kami. Ada roti siak, donat dan tentunya beberapa minuman bersoda.

Makannya lahap bener kan

Setelah tiker terkembang, kami asik nak becerita, foto-foto dan segara kenarsisan lainnya. Ngemil tetap harus terjaga. jelang siang perut pun udah nagih-nagih. Akhirnya kita makan, iyeeee. Ini makan trip pertama, karena kami rencanya akan ngulang lagi jelang pulang. Inilah bekal kami hari itu. Yummy. Makan di alam terbuka sensasinya luar biasa.

Lepas Zuhur, anak-anak udah ribut pengen main, ya diajaklah ke arena permainan, sementara Na sama Mama masih bobo-bobo cantik di bawah pohon, menikmati kehijauan alam Mayang.  Sayangnya tempat wisata murah di Pekanbaru ini kurang ditunjang dengan fasilitas umum yang memadai. Mushala yang sajadahnya sangat minim, padahal di hari libur begitu pengunjung membludak, sampe-sampe untuk ambil wudlu aja harus antri panjang dan itu harus panas-panasan.