Banyak Cinta, Anak Lebih Sehat

Semua orang barangkali sepakat jika kasih sayang akan membawa hidup lebih baik lagi. Tidak terkecuali dengan kasih sayang yang kita berikan kepada buah hati tercinta. Tahukah Anda bahwa anak yang dilimpahi sentuhan kasih sayang dari orangtuanya, khususnya ibu, akan tumbuh menjadi anak yang bahagia, cerdas, dan jarang sakit?

Berdasarkan bacaan na di kompas.com mengatakan kalau studi teranyar mengenai hal yang satu ini menunjukkan pengalaman anak di masa kecilnya memiliki efek jangka panjang bagi kesehatan si anak kelak terutama pada resiko terjadinya peradangan dimana merupakan suatu reaksi imun yang dilakukan tubuh saat diserang penyakit.

Dikatakan bahwa inflamasi yang merupakan suatu hal yang sangat menentukan perjalanan suatu penyakit dan sekarang yang ingin dicarai adalah apa yang menetukan terjadinya peradangan tersebut, hal ini dituturkan oleh ketua peneliti Steven Cole, ahli biologi molekuler dari University of California, Los Angeles, Amerika Serikat. Untuk mengetahui mekasnisme biologi yang terjadi, tim ini mengambil contoh 53 orang dewasa yang dibesarkan dalam lingkungan dengan status sosial ekonomi rendah. Separuh responden mengaku memiliki hubungan yang erat dan manis dengan ibu mereka. Sementara sisanya mengatakan jika hubungannya cukup renggang.

Nah dari kelompok yang memiliki ikatan cukup erat dengan Ibu mereka, ternyata hanya ditemukan sedikit penanda genetik dari peradangan. Penanda genetik ini merupakan molekul yang dapat mengindikasikan bahwa gen itu secara aktif telah menjadi protein, dalam hal ini protein yang berkontribusi pada peradangan. Peradangan ini kadang tidak terlalu diperhatikan. Namun peradangan kronik akan memicu berbagai penyakit, seperti penyakit kardiovaskular, diabetes, depresi dan kanker.

Dari berbagai literatur menunjukkan kalau ada kaitan antara risiko terjadinya penyakit kronik pada orang dengan status sosial lebih rendah. Maka hasil penelitian yang dilakukan ini menguatkan jika kasih sayang dan ikatan batin dengan Ibu akan membantu anak melewati lingkungan yang penuh tekanan.

Apakah si kecil sudah cukup mendapatkan kasih sayang serta perhatian dari orang tua atau orang-orang sekitar? Namun kasih sayang ibu nampaknya akan menjadi faktor keberhasilan paling besar bagi anak untuk dapat tumbuh menjadi pribadi yang mengesankan dan juga sehat.

Labels: