Hal-Hal Sederhana Yang Harus Dibiasakan


Pagi ini na kembali teringat akan ungkapan sederhana yang sering na dengar dari mulut kecil putri na "Makasih ya Bundo". Begitu tulus. Na selalu perhatikan bagaimana dia mengungkapkan kata itu dengan senyumannya yang manis. Apa yang kakak lakukan benar-benar memberikan tamparan buat diri na. Na terkadang lupa untuk bilang Terima kasih untuk hal-hal indah yang sudah diberikan. Kadang menyadarinya, tapi terkadang masih tidak ingat. Padahal usia na sudah hampir seperempat abad. Ternyata na masih kalah sama kakak (Thanks nak udah menyadarkan Bundo). Jika kita selalu ingat berterima kasih kepada sesama, pastinya kita akan selalu berterima kasih pada pencipta. Let's do it Neyna.

Hal sederhana kedua yang harus na biasakan adalah memulai apapun dengan Basmalah dan mengakhiri dengan Hamdalah. Sama hal nya dengan berterima kasih, kadang ingat kadang lupa. Padahal ini penting banget jika melakukan aktifitas dengan menyebut nama Allah. Tapi na yakin na bisa. Ala bisa karena biasa.

Hal sederhana ketiga, mengekalkan wudhu. Kalau ini memang baru, tapi mudah-mudahan sanggup. Karena banyak banget manfaat mengekalkan wudhu dan selalu berwudhu ini. Selain baik untuk kesehatan (dapat mencegah kanker kulit dan menghidupkan syaraf-syaraf penting) baik juga untuk membuat hati selalu bersih, mencegah perbuatan mungkar. Mengekalkan wudhu sebelum tidur juga akan na lakukan. Ada hadist mengenai hal yang satu ini. "Barangsiapa tidur di malam hari dalam keadaan suci (berwudhu) maka malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika Ia bangun niscaya malaikat itu akan berucap 'Ya Allah ampunilah hambamu si fulan, karena dia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci'" (HR. Ibnu Hibban dari Ibnu Umar r.a).

Labels: ,