Jenis-Jenis Tahu

Siapa yang suka tahu? Tunjuk tangan...tinggi...tinggi ya...Na pribadi suka banget tahu. Malahan kalau diberikan pilihan antaraa tahu dan tempe Na akan pilih tahu. Alasannya, tahu itu lembut buuu, tidak perlu usaha keras untuk mencernanya. Tahu merupakan hasil olahan kacang kedelai yang difermentasikan lalu diambil sarinya. Nah kalau biasanya kita tahunya makan tahu saja kan, tanpa tahu jenis-jenis tahu yang banyak dijual di pasaran. Ternyata tahu itu juga beragam. Selain warna tahu yang kita temui juga beragam, ada yang putih dan ada yang kuning bahkan ada yang kering. Jadi ingat kak Sofie dulu baru pandai nyanyi "Lihat kebunku" sepanjang jalan nyanyi "nyang ada yang melah, nyang ada nyang putih, nyang ada nyang melah#kalau tahu nyang ada nyang putih nyang ada yang kuning, luchuuu.

Jenis-jenis tahu

Tahu putih
Tahu jenis ini biasanya ada yang berbentuk padat. Bentuknya bervariasi mulai dari yang besar hingga yang kecil. Untuk tahu ini biasanya digunakan untuk digoreng, dibuat tahu bacem ataupun dibuat untuk campuran makanan berkuah.

Tahu kuning
biasanya tahu jenis ini padat atau disebut juga dengan tahu takwa. Karena kepadatannya yang lebih dari pada tahu putih ketika dipotong tahu jenis ini tidak mudah hancur.

Tahu sutera
Disebut tahu sutera karena sangat halus. Tahu jenis ini berwarna putih. Karena lembutnya tahu ini, biasanya ketika dijual direndam dalam wadah yang berisi air dan tahu yang di dalamnya terendam.

Tahu Pong
Bentuk tahu ini berbentuk padat. Ciri khasnya ketika digoreng kering, maka di dalamnya akan terdapat rongga. Untuk penyajian, biasanya disajikan dalam bentuk gorengan ataupun digunakan untuk masakan berkuah.

Tahu kering/kulit tahu
Biasanya jika kita akan menggunakannya kita perlu merenam terlebih dahulu agar lunak. Bisanya disajikan dalam msakanan berkuah ataupun dibuat cemilan.

Nah, tahu yang mana yang sering dikonsumsi? Kalau tanya Na pastilah Na itu suka tahu Pong, secara suka banget ma gorengan, walaupun tidak tahu pasti kenapa eh kenapa jadi begitu maniak gorengan akhir-akhir ini. Banyak juga ya jenis-jenis tahu yang ada ini, tinggal pilih mau yang mana.

Labels: