Skrip Siaran

Assalamualaikum. Sudah beberapa hari ngak memegang blog unyu-unyu ini rindu rasanya. Btw, malam ini mau share tentang kerjaan ni, seputar menulis skrip siaran. Tujuannya yang pertama ingin berbagi, yang kedua nanti ketika training penyiar ngak sulit menjelaskan, tinggal lihat di blog aja, heheheh#tetep ya bawaannya malesnya ada.

Skrip siaran mutlak diperlukan, terlebih untuk yang baru menapaki kaki di studio siaran, heheheh.Tujuan skrip siaran adalah adalah agar apa yang kita sampaikan ketika siaran dapat terarah. Mungkin jangankan yang baru di dunia penyiaran, yang sudah bangkotan juga kalau diberikan skrip siarannya pasti lebih jooooos. Baiklah, karena alasan-alasan itu Na merasa menulis skrip siaran sebelum siaran itu perlu. Jadi sebelum kita masuk ke penulisan skripnya, sedikit tipsnya adalah ketika skrip tersebut sudah jadi, jangan lupa untuk membaca dan mengeditnya kembali. Jadinya ketika siaran, skrip nya sudah ready banget dan siap untuk dibacakan.


Tulisan kali ini lebih difokuskan kepada menulis skrip siaran radio. Mengapa skrip siaran radio? Ya, karena Na juga berkecimpung di radio, heheheh#bawaan perut kenyang pengen ketawa aja (semoga bukan gila). Baiklah, meskipun perut kenyang selepas menyantap sepiring spagheti, yuuuk capcus kita belajar menulis skrip siaran radio. Dalam siaran, ada tiga hal penting yang harus kita perhatikan. Yang pertama Opening. Yang kedua Isi. Yang ketiga Closing. Satu-satu ya, kita masuk dulu opening siaran radio (ambil contoh dari radio tempat Na siaran ya, Radio Bharabas 97.5 FM Pekanbaru)

Program Acara: Bursa Musik dan Info Siang

Format: informatif, santai

On Air: 14.00-16.30

Sapaan Pendengar: Mitra Kota

SES: Middle-Up (B-A)

Tag Line: The Best News and Information

skrip Opening siaran radio
97.5 Bharabas FM/The best news and information//Hai/ selamat siang Mitra Kota/apa kabar Anda siang ini?//Mudah-mudahan/meskipun cuaca panas melanda Pekanbaru/tidak menghalangi niat kita/untuk terus mnyelesaikan aktifitas dengan baik//Ok/senang sekali/saya Naya/dapat menemani aktifitas siang Anda dalam Bursa Musik dan Info siang/untuk hari ini Senin/di 16 April 2012//Hingga pukul 16.30 nanti/informasi-informasi ok akan hadir/disertai dengan lagu-lagu bagus dari dalam negeri dan juga manca negara/ stay tune//  

skrip Isi siaran radio
97.5 bharabas FM/the best news and information//Mitra kota, di tengah cuaca panas seperti sekarang/kita jangan sampai kekurangan cairan tubuh/ salah satu yang dapat kita lakukan adalah/mengkonsumsi air putih/delapan gelas perhari/ini minimal. untuk mengantisipasi kerusakan kulit akibat sengatan panas/kita dapat menggunakan pelindung/ketika beraktifitas di luar ruangan/tidak ada salahnya/mengganti cemilan di meja kerja/dengan potongan buah segar/karena selain/tidak menggemukan/cemilan buah ini juga membantu kita menghadapi cuaca panas seperti sekarang ini//  

skrip Closing siaran radio
97.5 Bharabas FM/the best news and information//Mitra kota/sampai disini kebersamaan kita dalam Bursa Musik dan Info/terima kasih untuk kebersamaannya/Selepas ini buletin aktual sore akan hadir dengan informasi-informasi dari seputar Pekanbaru dan Riau/saya Naya pamit/selamat sore/selamat beraktifitas/dan abadikan kami di hati anda.

Yuhu, siap, segitu aja ya contoh skrip siaran nya, lain waktu disambung lagi, c ya...

Labels: