Kreasi Cokelat Yuk

Hai...hai...hai...Pekanbaru lagi diguyur hujan pagi-pagi, tetapi hujannya tidak rata. Dari pada bete, yuk kita buat kreasi cokelat aja yuk, ntr kalau dah jadi kita makan buat ngilangin bete dan mood yang ngak enak, hehehehe. Ide buat kreasi cokelat awalnya muncul dari Mbak Delvi. Kebetluan beliau jadi Nara sumber di Bharabas Small Business. Wiii kalau ibu yang satu ini kreasinya cantik banget. Kemarin ke studio bawa beragam bentuk coklat, unyu-unyu banget dech pokoknya. 


Membuat Kreasi cokelat ternyata tidak sesulit yang Na bayangkan. Kebetulan pas ke Rumah oma, singgah di mini market trus iseng beli cetakan cokelat. Beberapa bulan yang lalu juga Na sempat beli cokelat blok gitu, 3 buah, ada DCC, Cokelat susu sama strawberry. Sekalian beli wadah untuk mensteamnya. 

Yiha, pas ada waktu kita langsung ke dapur, capcuuuuus. Mengkreasikan cokelat tadi na katakan gampang sewkali. Ini langkah-langkah membuat kreasi cokelat:
1. potong-potong kecil cokelat batangan, semakin kecil maka akan semakin cepat lumernya
2. Masukkan ke wadah stainles, lalu steam 
3. Tunggu cokelat lumer seluruhnya sambil diaduk
4. Setelah lumer, matikan api
5. Siapkan cetakan
6. Cetak cokelat
7. Setelah dingin, masukkan ke dalam lemari es (bukan di freezer)
8. Setelah keras, keluarkan cokelat dari cetakan
9. Jika ingin menambah hiasannya, lakukan langkah serupa, lalu lelehkan di atas cokelat hias yang sudah keras, masukkan kembali ke lemari es, hingga seluruhnya keras
9. Bungkus dengan plastik wrap

Nah, cokelat kreasi ini, tahan lho hingga 2 bulan, apalagi jika suhu ruangan dingin. Semakin panas suhu ruangan, maka akan semakin cepat lunak cokelatnya. Selamat berkreasi dengan cokelat.

Labels: , ,